• www.argajogja.co.nrwww.argajogja.co.nr

Video Tutorial Archicad 22 3D Visualisasi Rumah Kecil 2 Lantai Available Now!

Alhamdulillah, Setelah pada tutorial sebelumnya kita belajar cara membuat rumah 1 lantai dan masih menggunakan ArchiCAD versi 11, kini telah hadir tutorial terbaru kami yaitu Tutorial Archicad versi 22 3D Visualisasi Cara Membuat Rumah Kecil 2 Lantai.

Pada tutorial diajarkan bagaimana cara memodel objek rumah kecil 2 lantai menggunakan program ArchiCAD mulai dari dinding sampai render animasi.

Tutorial ini disampaikan dengan metode audio visual sehingga mudah dalam memahami materi yang disampaikan, adapun materi yang dipelajari dalam tutorial ini adalah Pengaturan Satuan serta Story Setting, Pembuatan Dinding lantai 1 dan lantai 2, Pembuatan Model Pintu dan Jendela, Pembuatan lantai 1 dan lantai 2 sekaligus cara melubangi lantai 2 untuk akses tangga, Pembuatan atap miring satu sisi, memasukan balkon minimalis, membuat objek tangga bagian depan dan dalam, memasukan furniture, membuat material baru dan memasukan kedalam objek, memasukan objek tanah dan pohon, pengaturan camera serta render dan terakhir animasi camera.
Berikut cover dan detail materinya

cover-full-tutorial-archicad-22-3d-visualisasi

cover-full-tutorial-archicad-22-3d-visualisasi

1. Pengaturan Satuan serta Story Seeting
Sebelum memodel objek pada ArchiCAD perlu diatur dulu satuan serta story seeting. Satuan terkait dengan nominal angka yang akan kita gunakan untuk membuat objek, pada kasus ini kita menggunakan satuan cm, sedangkan story seeting kaitannya dengan ketinggian tingkat.

mengatur-satuan-dan-story-seeting

mengatur-satuan-dan-story-seeting

2. Pembuatan Dinding lantai 1 dan lantai 2
pada sesi ini diajarkan cara membuat dinding pada layar 2D yang kemudian diajarkan cara mengatur ketebalan dinding serta pengaturan as dinding, apakah rata luar, rata dalam atau as.

Membuat Dinding LT 1

Membuat Dinding LT 1

dinding-lantai-2

dinding-lantai-2

3. Pembuatan Model Pintu dan Jendela
Pada sesi ini diajarkan cara memasukan objek pintu dan jendela kedalam dinding. Terdapat berbagai macam jenis model pintu dan jendela yang terdapat di ArchiCAD, kita tinggal memilih sesuai keinginan kemudian mengatur ukuran pintu dan jendela tersebut.

memasukan-pintu

memasukan-pintu

memasukan-jendela

memasukan-jendela

4. Pembuatan Lantai 1 dan Lantai 2
Pada sesi ini diajarkan cara membuat lantai 1 dan lantai 2 menggunakan object slab. Sekaligus cara melubangi lantai 2 untuk akses tangga. Objek slab dibuat dari tampak 2D dengan memanfaatkan story seeting yang sudah diatur pada sesi sebelumnya.

cara-membuat-lantai-pada-archicad

cara-membuat-lantai-pada-archicad

5. Pembuatan Atap Miring Satu sisi
Pada sesi ini diajarkan cara membuat atap pada rumah kecil 2 lantai ini terkhusu atap miring satu sisi. Terdapat berbagai jenis atap di ArhiCAD ini dan pemodelannyapun dengan berbagai metode. Ada atap limas an, pelana, dan lain-lain

cara-buat-atap-archicad-22

cara-buat-atap-archicad-22

6. Pembuatan Railing Balkon
Pada sesi ini diajarkan cara memasukan railing balkon pada lantai 2. Kita tinggal memilih jenis railing yang kita inginkan lalu dimasukan kedalam denah. Diajarkan pula cara mengedit ukuran railing dan memilih jenis railing yang lain. Terlihat langsung perubahannya di window 3D

membuat-railing-balkon-archicad

membuat-railing-balkon-archicad

7. Pembuatan Tangga Luar dan Dalam
Pada sesi ini diajarkan cara memodel tangga luar dan dalam. Untuk tangga luar dimodel sendiri dengan menggunakan objek slab dan wall yang kemudian diseeting sesuai contoh kasus. Sedangkan tangga dalam tinggal mengambil dari objek-oabjek tangga yang sudah tersedia di ArchiCAD. Tinggal mengatur ukuran lebar dan ketinggian.

cara-membuat-tangga-pada-archicad

cara-membuat-tangga-pada-archicad

8. Memasukan furniture
Pada sesi ini diajarkan cara memasukan objek-objek furniture sekaligus cara menempatkan kedalam objek. Terdapat banyak sekali objek furniture di ArchiCAD.

memasukan-furniture

memasukan-furniture

9. Memasukan Material
Pada sesi ini diajarkan cara membuat material baru yang tidak terdapat di material default ArchiCAD. Juga diajarkan cara menyeting tingkat kerapatan serta cara memasukan kedalam objek. Objek dinding menggunakan material diluar ArchiCAD sedangakan lantai menggunakan material default archicad yakni material parquet sedangkan genteng menggunakan asphalt roof.

tutorial-cara-memasukan-material-archicad

tutorial-cara-memasukan-material-archicad

memasukan-material-parquet-archicad-22

memasukan-material-parquet-archicad-22

10. Memasukan Objek Tanah dan Pohon
Pada sesi ini diajarkan cara membuat objek tanah dengan menggunakan object mesh. Sekaligus diajarkan cara memasukan objek pohon serta kursi taman kedalam objek gambar.

membuat-tanah-dengan-mesh-dan-pohon-archicad

membuat-tanah-dengan-mesh-dan-pohon-archicad


11. Camera dan Render

Pada sesi ini diajarkan cara mengatur objek camera agar mendapatkan arah pandang yang menarik. Juga pengaturan matahari serta sudut camera. Berikut langsung diajarkan cara merender menggunakan Render Engine Cinerender by MAXON bawaan ArchiCAD 22. Diajarkan juga cara memasukan material ke dalam render engine Cinerender by MAXON, pengaturan ukuran gambar, intensitas matahari, merubah background, render hitam putih, render suasana siang , sore dan cara menyimpan gambar.

render-seeting

render-seeting

hasil render tutoril archicad

hasil render tutoril archicad

12. Animasi
Pada sesi terakhir diajarkan cara membuat animasi dengan memanfaatkan camera ArhiCAD. Yag setelah bias diatur ketinggian camera dan letaknya. Dan terakhir diajarkan cara menyimpan hasil animasi. Terdapat 2 jenis render animasi yang pertama dalam tampilan 3D dan yang kedua tampilan photorendering seeting.

animasi-camera-tutorial-argajogja

animasi-camera-tutorial-argajogja

hasil animasi

hasil animasi

Berikut Bonus file yang didapat dari tutorial ArchiCAD 22 ini

bonus-tutorial-archicad

bonus-tutorial-archicad

Bonus Kumpulan Material Kayu

bonus-material-kayu-beli-tutor-archicad-22

bonus-material-kayu-beli-tutor-archicad-22

Berikut Demo Videonya

Segera dapatkan tutorial terbaru kami di http://blogargajogja.com/video-tutorial

Share

Related Post Category:

Related Post Tag:

One Comment

  1. dereng enten kuda-kudanipun pak 🙁

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *