• www.argajogja.co.nrwww.argajogja.co.nr

Video Tutorial Desain Struktur Baja 2 Lantai dengan SAP2000 Available Now!

Untuk tutorial kali akan kita akan belajar cara mendesain struktur baja untuk bangunan 2 lantai menggunakan program SAP2000 versi 20.2. Tutorial ini dalah contoh kasus yang pernah kami kerjakan yaitu desain struktur baja ruko 2 lantai. baca artikel Perencanaa Ruko 2 Lantai dengan Struktur Baja. Sengaja kami buat tutorialnya untuk mepermudah para kontruktor muda atau pemula dalam mendesain struktur baja.

Tutorial ini disampaikan dengan metode audio visual berupa gambar dan suara Anda secara live Anda akan merasakan kemudahan dalam belajar menggunakan tutorial ini.

Cover Video Tutorial Desain Baja 2 Lantai

Cover Video Tutorial Desain Baja 2 Lantai

Adapun materi yang dipelajari dalam tutorial ini

1. Intro, yaitu penjelasan soal contoh kasus yang akan dipelajari, berikut contoh kasus ruko atau gudang baja yang akan kita desain. Berikut kasusnya

Contoh Kasus dalam tutorial ini

Contoh Kasus dalam tutorial ini

2. Mengatur GRID, pada sesi diajarkan cara mengatur grid agar sesuai dengan model bangunan gudang bajanya agar ketika menggambar batang bisa lebih mudah.

Mengatur Grid SAP2000

Mengatur Grid SAP2000

3. Property Material, pada sesi ini di ajarkan cara menambahkan property material baja ASTM, ingin tahu kenapa? Baca Mengenal Material Property Baja ASTM

Mengatur Property Material

Mengatur Property Material

4. Membuat Profil Baja dan Beton. Pada sesi ini diajarkan cara mendefinikan profile baja kedalam program SAP2000, baik yang digunakan untuk kolom, balok maupun rafter atau kuda-kudanya. Demikian pula profile beton yang ditempatkan pada sloof dan pedestal.

Membuat Profil Baja

Membuat Profil Baja

5. Memodel Frame 2D, pada sesi ini di ajarkan cara memodel stuktur sisi depan dengan menyesuaikan profile yang sudah dibuat pada sesi sebelumnya. Sengaja yang dibuat frame 2D dulu setelah itu baru dicopy ke belakang agar lebih cepat. Pada sesi ini juga diajarkan cara memutar batang bila batang salah posisi.

pemodelan frame 2D

pemodelan frame 2D

perintah memutar batang

perintah memutar batang

6. Input Beban. Pada sesi ini diajarkan cara mendefinisikan beban mati, hidup dan angin, sekaligus memasukan nominal beban yang ada. Beban-beban tersebut untuk yang mati berasal dari dinding, pelat lantai dan lain-lain, sedangkan beban hidup berasal dari beban bergerak seperti manusia, sedangkan beban angin terdiri dari angin masuk dan angin keluar. Ingin tahu cara menghitung nominal tersebut? Lihat di tutorial Video Tutorial Cara Menghitung Beban Struktur

Menentukan Tipe Beban

Menentukan Tipe Beban

Input Beban

Input Beban

7. Membuat Frame 3D dan Input Beban, Pada sesi ini diajarkan cara mengcopy frame bagian depan ke belakang, kemudian menghubungkan dengan balok dan diberi beban. Perintah yang digunakan adalah replicate

Perintah Replicate pada SAP2000

Perintah Replicate pada SAP2000

8. Memodel Gording 3D. Pada sesi ini di ajarkan cara membuat gording dengan cara membuat batang bantu untuk menentukan titik gording. Setelah itu dicerminkan kekanan.

Batang bantu membuat gording

Batang bantu membuat gording

9. Re-model gording. Pada sesi ini diajarkan cara mengedit model gording karena terjadi kesalahan dalam memodel

Edit pemodelan gording

Edit pemodelan gording

10. Memodel Balok Anak. Pada sesi ini diajarkan cara memodel batang bagian tengah atau balok anak sekaligus memasukan beban-beban yang ada.

pemodelan balok anak

pemodelan balok anak

11. Input beban kombinasi dan Analisa. Pada sesi ini diajarkan cara memasukan beban kombinasi yang digunakan sebagai acuan untuk mendesain, sekalain itu diajarkan cara menganalisis struktur dan cara menapilkan gaya-gaya dalam seperti reaksi, axial, momen dan gaya geser.

gaya aksial

gaya aksial

12. Desain Baja, Pada sesi ini diajarkan cara mendesain baja berdasarkan beban kombinasi yang tadi sudah dimasukan, selain itu juga diajarkan cara memilih code/peraturan yang digunakan. Selain itu juga diberikan penjelasan profil yang efektif dan tidak boros sehingga dapat meminimalkan biaya pelaksanaan.

merubah code

merubah code

hasil desain sap2000

hasil desain sap2000

Berikut bonus file latihan dan table profile baja

bonus tabel baja gung garuda

bonus tabel baja gung garuda

Berikut Demo Video Tutorial Desain Struktur Baja 2 Lantai dengan SAP2000

Pemesanan bisa langsung ke blogargajogja.com/video-tutorial

Ingin tutorial SAP yang lain , lihat di Paket Tutorial SAP2000 untuk Pemula

Share

Related Post Category:

Related Post Tag:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *