Berbagi Pengalaman Tentang Arsitek dan Teknik Sipil
Tutorial Mengenal Material Pada Program 3ds Max
Tutorial Mengenal Material Pada Program 3ds Max

Tutorial Mengenal Material Pada Program 3ds Max

 Tutorial Mengenal Material di 3ds Max
OK, Langsung wae.., untuk artikel kali ini, kami infokan kepada anda-anda kabeh tentang jenis-jenis utowo macem-macem material yang keluar dari jeblukan gunung merapi beberapa waktu yang lalu, yang ada di program 3ds max. Lets me see [walah sok bahasa inggris, boso indonesia wae durung bener..]
Material mendeskripsikan bagaimana sebuah objek memantulkan atau meneruskan cahaya. Dengan material anda dapat mensimulasikan tekstur, reflection, refraction, dan efek-efek lain.

Sample Slots and Material Name

 Tutorial Mengenal Material di 3ds Max

Sample slots menampilkan preview material. Selalu berikan nama material yang unik pada awal anda bekerja, agar tidak bingung nantinya.
Material Type
Tiap material mempunya tipe. Tampilan awal adalah Standard, di mana merupakan material yang sering digunakan. Pada umumnya, ada tipe material yang dipakai untuk fungsi tertentu. Seperti:

• Advanced Lighting Override
Biasanya digunakan pada material tingkat lanjut seperti Advanced Lighting, Light Tracing, dan Radiosity Solutions.
• Blend
Mencampurkan 2 material secara bersamaan.
• Composite
Mencampur hingga 10 material.
• Double-Sided
Terdiri dari 2 material, satu di depan dan yang lain di bagian belakang.
• Ink ‘n Paint
Membuat efek kartun dengan shading dan borders tinta.
• Lightscape
Mendukung ekspor dan impor data dari produk Lightscape.
• Matte/Shadow
Menampilkan material yang mempunyai bayangan.
• Morpher
Menggabungkan material dengan Morpher modifier.
• Raytrace
Mendukung diffuse mapping seperti material Standard, tetapi juga menyediakan efek raytraced reflections dan refractions.
• Shell
Terdiri dari material yang sudah di-render menjadi tekstur, sebaik material awal/asli.
• Shellac
Mencampur 2 material dengan mengaplikasikan material “shellac”.

Shading Type
Material Standard dan Raytrace memungkinkan anda untuk mengspesifikasi tipe-tipe shading.

 Tutorial Mengenal Material di 3ds Max

Beberapa contoh shading pada material Standard :
1. Anisotropic
2. Blinn
3. Metal
4. Multi-layer
5. Oren-Nayar-Blinn
6. Phong
7. Strauss
8. Translucent
• Anisotropic
Membuat permukaan yang noncircular, “anisotropic” highlights; baik untuk membuat modeling rambut, kaca, atau besi.
• Blinn
Membuat permukaan yang smooth dengan banyak kecerlangan; jenis yang umum dipakai.
Metal
Membuta efek metalik.
• Multi-Layer
Membuat highlights yang lebih komplek dari Anisotropic dengan memkai 2 lapisan anisotropic.
• Oren-Nayar-Blinn
Membuat permukaan matte seperti fabric atau terra-cotta.
• Phong
Membuat permukaan yang smooth dengan banyak kecerlangan (sama seperti Blinn), tetapi tidak menghasilkan highlights dengan baik.
• Strauss
Membuat permukaan metalik dan non-metalik.
• Translucent
Sama seperti Blinn, tetapi juga memungkinkan anda untuk mengukur tingkat translucency, pada saat cahaya jatuh menimpa dan diteruskan ke material.
Material Components
Komponen material mendeskripsikan properti visual dan optikal komponen-komponen dalam material Standard meliputi komponen warna, kontrol highlight, self-illumination, dan opacity.
• Ambient adalah warna objek di dalam bayangan.
• Diffuse adalah warna objek yang terkena cahaya secara langsung.
• Specular adalah warna yang mempunyai shiny highlights.
• Filter adalah warna yang ditransmisikan oleh cahaya kepada objek/benda.
Komponen warna Filter tidak akan terlihat kecuali Opacity material kurang dari 100

Berikut ini contoh gambar penggunaan material pada program 3ds max

 Tutorial Mengenal Material di 3ds Max

Ingin video tutorial 3ds max bahasa Indonesia? kunjungi www.tutorialargajogja.co.nr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *